Blognya Rahmi Lov3 Moth3r: MEDIA DALAM BIMBINGAN KONSELING

Minggu, 09 Desember 2012

MEDIA DALAM BIMBINGAN KONSELING

Media dalam Bimbingan dan Konseling

1)    Pengertian Media



Secara etimologi, kata “media” merupakan bentuk jamak dari “medium”, yang berasal dan Bahasa Latin “medius” yang berarti tengah. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kata “medium” dapat diartikan sebagai “antara” atau “sedang” sehingga pengertian media dapat mengarah pada sesuatu yang mengantar atau meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan. Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi Pengertian Media dalam perspektif BK



Pengertian Media dalam perspektif BK adalah sebagai sarana yang digunakan untuk membantu dan mempermudah proses dalam layanan Bimbingan dan Konseling. Dr. Siti Sutarmi Fadhillah (http://himcyoo.wordpress.com/2011/09/20/media-layanan-bk/)  mengemukakan bahwa Media layanan BK adalah segala sesuatu yang dapat digunakan menyalurkan pesan atau informasi dari pembimbing kepada klien atau individu yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sehingga individu akan mengalami perubahan perilaku, sikap dan perbuatan ke arah yang lebih baik.

 2)    Bentuk-bentuk Media yang digunakan dalam layanan BK 
Bentuk-bentuk media yang digunakan dalam layanan BK menurut Dr. Siti Sutarmi Fadhillah (http://himcyoo.wordpress.com/2011/09/20/media-layanan-bk/) adalah :
  • Media grafis, jenisnya adalah:

1)    Gambar/foto

2)    Sketsa

3)    Diagram

4)    (chart)

5)    Grafik (graphs)

6)    Kartun

7)    Poster

8)    Globe

9)    Papan flannel (Flannel Board)

10) Papan buletin (Buletin Board)
  • Media audio, yaitu yang berkaitan dengan indera pendengaran. Jenisnya:

1)    Radio

2)    perekam pita magnetic

3)    Laboratorium bimbingan dan konseling 
  • Media Proyeksi Diam

Media proyeksi diam (still proyected medium) mempunyai persamaan dengan media grafis dalam menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Media jenis ini disertai rekaman radio, tapi ada pula yang hanya visual.

Jenis-jenis media proyektif, antara lain:

1)    Film bingkai

2)    Film rangkai

3)    Media transparasi

4)    Proyektor Tak Tembus Pandang (Opaqus Projector)

5)    Mikrofis

6)    Film

7)    Film Gelang

8)    Televisi



3)    Ada beberapa jenis media dalam program BK yaitu

1. Media untuk menyampaikan informasi

2. Media sebagai alat ( pengumpul data dan penyimpan data)

3. Media sebagai alat bantu dalam memberikan group information

4. Media sebagai Biblioterapi

5. Media sebagai alat menyampaikan laporan

            Contoh media

      i.        Media untuk menyampaikan informasi Selebaran, leaflet, booklet, dan papan bimbingan 

     ii.        Media sebagai alat ( pengumpul data dan penyimpan data)Media Pengumpul data: Angket, pedoman wawancara, lembaran observasi berupa anekdo record, daftar cek, skala penilaian, mekanikal device, camera, tape, daftar cek masalah,  lembar isian pilihan teman (semua dapat dibuat sendiri kecuali mekanikal device, camera, tape)Media penyimpan data: kartu pribadi, buku pribadi, map, disket, folder, filing cabinet, almari, rak dll 

    iii.        Media sebagai alat bantu dalam memberikan group information Media auditif,: radio, tape media visual: gambar, foto, tranparansi, lukisan, dll audio visual: film yang ada suaranya. 

   iv.        Media sebagai Biblioterapi Buku-buku, majalah, komik ( yang penting di dalamnya berisi cara-cra atau tips ) misalnya cara beternak ayam, cara cepat membaca Alquran, cara mengatasi rendah diri end so on). 

    v.        Media sebagai alat menyampaikan laporan Berupa laporan kegiatan BK kepada boz kita. Laporan bisa mingguan, bulanan, semesteran and tahunan. 

sumber:

 http://bksuhartongawi.blogspot.com/2010/12/media-bimbingan-konseling.html

 (http://endonesa.wordpress.com/ajaran-pembelajaran/media-pembelajaran/)

webseoanalytics.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar